Rabu, 20 Maret 2013

Silabus Studi Hadis PPs STAIN

KISI-KISI MINIMUM SATUAN ACARA PERKULIAHAN STANDAR KOMPETENSI Dengan mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami: perkembangan kronologis dan evolusi konsep sunnah-hadis serta konsep yang membentuk kerangka keilmuannya; memiliki sikap kritis dalam proses pendidikan (penerimaan, penyampaian, dan penilaian hadis (informasi) sesuai dengan standar ilmu hadis; serta mengungkap Rasul sebagai pendidik memiliki wawasan keahlian yang luas dalam memahami dan menerapkan ajaran sunnah Nabi dlm kehidupan secara dinamis dan kontekstual, khususnya bidang pendidikan. I. Tujuan Kisi-kisi ini bertujuan untuk memberi bekal kepada mahasiswa yang mencakup unsur-unsur: a. Pemahaman yang cukup terhadap‘Ulum al-Hadis, b. Kemampuan menganalisis secara filosofis guna menghadapi tugas pendalaman materi perkuliahan yang ada relevansinya dengan pemahaman hadis dan ilmu hadis pada perkuliahan. c. Kecakapan untuk menggali hadis dan ilmu hadis tentang berbagai macam masalah pendidikan dengan menggali hadis tematik tentang pendidikan dalam rangka menjawab masalah pendidikan pada saat ini. II. Materi (out line materi kuliah selama satu semester) Materi kuliah lengkap untuk satu semester, terbagi dalam nomor-nomor materi, agar setiap mahasiswa peserta program mendapat satu judul, sebagaimana terurai dibawah ini disertai referensi. III. Buku Acuan Wajib dan Pilihan Reff 1. Konsepsi hadis dan sunnah 1 Abu ’Amr ’Usman bin ’Abd al-Rahman al-Syahrazuri, Ulumul Hadis Liibn Shalah, Maktabah al-‘Ilmiyah, Medinah, 1972, h.42 2. Abudin Nata, Al-Qur’an dan Hadis, Rajawali Press, Jakarta, 1993 3. Ahmad bin Ali bin Hajar Al-‘Asqalani, Nuzhat al-Nazhar Syarh Nukhbat al-Fikr,Kairo, Mathba’ah al-Istiqamah, 1368 4 Fatchur Rahman, Ikhtisar Musthalah Hadis, Bandung, PT al-Ma’arif, 1970, h. 6-13 5 Abu ‘Abdillah Muhammad bin ‘Abdullah al-Naisaburu al-Hakim, Ma’rifat ‘Ulum al-Hadis, Kairo, Mathba’ah tt 6 Jalal al-Din ’Abd al-Rahman ibn Abi Bakr al-Suyuthi, Tadrib al-Rawi fi Syarh Taqrib al-Nawawi, juz 1, dan juz 2, Beirut, Dar al-Fikr1988/1409 7 M. Syuhudi Ismail, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis, tela’ah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Ilmu Sejarah, Jakarta, Bulan Bintang, 1988 8 M. Syuhudi Ismail, Pengantar Ilmu Hadis, Angkasa, Bandung, 1991 9 M.M. Azami, Studies in Early Hadith Literature, Penerjemah Ali Mustafa Ya’qub, Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya, Jakarta pustaka firdaus, 1994. h. 13-26 10 Mahmud al-Thahhan, Taisir Mushthalah al-Hadis, Surabaya: Bonkol Indah, TT. 11 Muchamad Syafi’i Ahsani, Patokan Dasar Ilmu Mushthalah Hadis, Al-Ikhlas, Surabaya 12 Muhammad 'Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadits ‘Ulumuh wa Mushthalahuh, Dar al-Fikr, Beirut, 1981 13 Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib, Al-Sunnah Qabla al-Tadwin, Dar al-Fikr, Beirut, 1971 14 Muhammad al-Shabbagh, al-Hadis al-Nabawi, al-Maktab al-Islami, Riyad, 1972 15 Muhammad Jamal al-Din al-Qasimi, Qawa’id al-Tahdis, min Funun Mushthalah Hadis,tt. 16 Muhammad Thahir al-Jawwabi, Juhud al-Muhaddisin fi Naqd Matn al-Hadis al-Nabawi al-Syarif, Tunis, Muassasah Abd al-Karim 17 Subhi al-Shalih, 'Ulum al-Hadits wa Musthalahuh, Dar al-'Ilmi li al-Malayn, Beirut, 1977 18 TM Hasbi Ash-Shiddieqy, Pokok-pokok Ilmu Dirayah Hadis, Bulan Bintag, Jakarta, 1976 19 TM Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis, Bulan Bintang , Jakarta, 1980. 20 Abu ‘Abdillah Mhd bin Abdillah al-Naisaburi al-Hakim, Ma’rifat Ulumul Hadis 21 Munzier Suparta, Ilmu Hadist, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada. 2003, h. 70 22 Musahadi, Evolusi Konsep Sunnah (Implikasinya Pada Perkembangan Hukum Islam) 23 Muhammad Adib Shalih, Lamahat fi Ushul al-Hadis, Beirut, al-Maktabat al-Islami, 1399 H 24 Muhammad Abu Zahwu, al-Hadîts wa al-Muhadditsûn aw‘Inâyah al-Ummah al-Islâmiyyah bi al-Sunnah al-Nabawiyyah, Cairo: Dâr al-Fikr al-‘Arabi, ttp, h. 15 25 Abd al-Halim Mahmud Al-Sunnah fi Makanatuha wa fi Tarikhiha Dar al-Kutub al-Arabi, Kairo, 1967 26 Abd al-Wahab Ibrahim Abu Sulaiman al-Fikr al-Ushuli 27 Mushthafa al-Siba’I al-Sunnah wa Makanatuha fi al-Tasyri’ al-Islami 28 Muhammad Abu Zahrah, Ushul al-Fiqh, Dar Al-Fikr al-‘Arabi, tt 29 Drs. Zufran Rahman, Kajian Sunnah Nabi SAW Sebagai Sumber Hukum Islam, Jakarta, Pedoman Ilmu Jaya, 1995 30 Saif al-Din abu Hasan bin Ali bin Muhammad al-Amidi (al-Amidy), al-Ihkam fi Ushul al-Ahkam, juz 1, Kairo, Daar Ittihad al-‘Arabi, 1967 32 Shubhi Shaleh, Ulumul Hadis wa Mushthalahuh, 33 Wahbah Zuhaili, Ushul al-Fiqh al-IslamiDamsyiq, Dar al-Fikr, 1986/1406 34 Abdul Wahab Khalaf, Ilmu Usul Al-Fiqh, Semarang, Toha Putra ,1994, h. 42. Nasrun 35 LPPI UMY, Pengembangan Pemikiran Terhadap Hadit, Cet.I, 1996 36 Nasroen Haroen, Ushul Fiqh. I, Ciputat, PT. Logos Wacana Ilmu, 1997, h. 47 37 Abd al-Halim Mahmud, al-Sunnah fi Makanatiha wa fi Tarikhiha, Dar al-Kutub al-Arabi, Kairo, 1967 38 Ibrahim al-Dasuqi al-Syahawi , Mushthalah al-Hadis Topik 4. Kualitas Hadis Hasil Kritik Sanad 1-23, 37, 38 Topik 7. Kualitas Hadis Hasil dari Kritik Matan 1-23, 37,38 39 Muhammad Syuhudi Ismail, Sunnah Menurut Para Pengingkarnya dan Upaya Pelestarian Sunnah Olehpara pembelanya 40 Salahuddin bin Ahmad al-adabi, Manhaj Naqd al-Matn ‘inda ‘Ulama’ al-Hadis, Beirut, Dar al-Ufuq al-Jadidah, tt, 41 Muhammad Muhammad Abi Zahu, al-Hadis wa al-Muhaddisun 42 Muhammad Mahfuzh al-Turmuzi , Manhaj Zawi al-Nazhar 43 al-Syafi’I, al-Um 44 Ahmad Amin, Fajrul Islam, 45 Ahmad Amin, Masaul Islam Topik 3. Kritik Sanad Kitab No. 3,7, 9, 12, 14-17 46 Al-Hasan bin Abd al-Rahman Al-Ramahurmuzi, al-Muhaddis al-Fasil Baina Al-RAwi wa al-Wa’i, Dar al-Fikr, Beirut, 1971 47 Al-Khathib al-Bagdadi, Al-Jami’ li Akhlaq al-Rawi wa Adab al-Sami’ 48 M.M. Azzami, Metodologi Kritik Hadis 49 Muhammad Muhammad Abi Zahu, al-Hadis wa al-Muhaddisun 50 Muhammad Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian hadis Nabi 51 Nur al-Din ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi ‘Ulum al-Hadis Topik 5. Naqd Matan Kitab No. 3,7, 9, 12, 14-17, 50 52 Muh Muh Abu Syuhbah, Fi Rihab al-Sunnahal-Kutub al-Shihah al-Sittah 53 Ibn Hamzah al-Husaini, Al-Bayan wa Ta’rif fi Asbab wurud al-Hadis 54 Muhammad al-Ghazali, al-Sunnah al-Nabawiyah bain ahl al-Fiqh wa ahl al-Hadis 55 Muhammad Thaher Jawabi, Juhud al-Muhaddisin fi Naqd Matn al-Hadis al-Nabawi al-Syarif 56 Shalahuddin Muhammad bin Ahma, Manhaj Naqd al-Matan indal Ulama’ al-Hadis al-Naabawi 57 Masfar Azmullah, Maqayis Naqd Mutun al-Sunnah Topik 2. Takhrij Hadis Kitab No. 7, 12, 32, 50 58 Muhammad al-Thahhan , Ushul al-Takhrij wa Dirasat al-Asanid, Maktabah al-Ma'arif, Riyadh, 1991, 59 Abu Muhammad ‘Abdul Mahdi , Thuruq Takhrij Hadis Rasulullah 60 Abu Muhammad 'Abd al-Mahdi Al-Qadirin Abd Al-Hadi, Thuruq Takhrij Hadits Rasulillah Shallallah 'alaih wa al-salam, Dar I'tisham, Mesir, t.t 61 'Abd al-Qadir l-Baghdadi, al-Farq bain al-Firaq, Maktabah Muhammad Ali Sabih wa Awladuh, Mesir, t.t 62 A.J. Winsenk, Penerjemah: Muhammad Fuad Abdul Baqi, Mu’jam Mufahras lialfazh al-Hadis al-Nabawi, Beirut 63 Miftah Kunuz al-Sunnah 6. Jarh dan Ta’dil , kitab no. 7, 10, 20, 32,38, 46, 48, 50, 64 Mahmud Abu rayyah, Adhwa’ ala al-sunnahhh Muhammadiyah aw dhifa’ al-Hadis, Dar al- Ma’arif Kairo tt 65 Ababs Bayumi ‘Ajlan, Dirasah fi al-Hadis al-Nabawi, Muassasah Syabab al-jami’at, Iskandariyah, 1986 66 Abu al-‘Ainain Badran, al-Hadis al-Nabawi al-Syarit, Tarikhuhu wa mushthalahuhu, Muassasah Syabab al-jami’at, Iskandariyah, 1983 67 Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib, Ushul al-Hadis ‘Ulumuhu wa Musthalahuh, Dar al-Fikr, Beirut, 1975 68 Ibn Abi Hatim al-Razi, kitab al-Jarh wa al-Ta’dil, Darul Ma’arif, Heiderabad, 1952 69 Mahmud al-Thahhan, Takhrij wa Dirasat al-ASsanid ,Dar al-Qur’an al-Karim , Beirut, 1981 70 Abu ‘Amr ‘Usman bin ‘Abdullah ibn Shaleh, Ulumul Hadis, madinah, Maktabat al-‘Ilmiyyah, 1972 10. Hadis hadis tentang kewajiban Belajar A. PENDAHULUAN, B. EKSISTENSI BELAJAR DALAM ISLAM, C. KEWAJIBAN BELAJAR, D. MOTIVASI AGAR MUSLIM BELAJAR E. ANCAMAN BAGI YANG TIDAK MAU BELAJAR F. IMPLIKASI DARI TIDAK BELAJAR G. PENUTUP 11. Hadis tentang Pendidikan Jasmani dan keterampilan A. Pendahuluan B. Hadis tentang olah raga Berlari, berenang, C. Hadis tentang keterampilan berkuda, memanah, D. Kontekstualisasi hadis utk masa ini 12. Hadis hadis tentang Niat dan pengaruhnya terhadap motivasi Pembelajaran A. Pendahuluan B. Motivasi Bagi Peserta Didik C. Niat Belajar yang dibenarkan dan implikasinya terhadap motivasi D. Salah niat dan implikasinya terhadap motivasi E. Penutup 13. Hadis tentang Pendidikan sepanjang hayat A. Pendahuluan B. Hadis tentang pendidikan Pranatal C. Hadis tentang pendidikan sepanjang hayat dan kualitasnya D. Penutup 14. Hadis hadis tentang Pendidik kata kunci Mu’allim A. PENDAHULUAN B. TUGAS PENDIDIK C. SYARAT-SYARAT PENDIDIK D. URGENSI PENDIDIK E. KEUTAMAAN PENDIDIK F. MOTIVASI YG DIBERIKAN KPD PDD G. PENUTUP 15. Hadis tentang Fitrah dan implikasinya dalam perkembangan Manusia A. Pendahuluan B. Hadis Fitrah dan kualitasnya C. Fitrah dalam hadis Rasul D. Implikasi Fitrah dalam perkembangan Manusia E. Penutup 16. Hadis-hadis tentang Metode Pembelajaran A. Pendahuluan B. Metode Rasul dalam Pembelajaran C. Beda Peserta didik dgn beda metode D. Variasi Metode untuk materi tertentu E. Penutup 17. Hadis tentang pendidikan akhlak A. Pendahuluan B. Hadis tentang misi Rasul sebagai pendidik Akhlak mulia C. Hadis tentang penddikan Akhlak kepada sesama D. Penutup 18. Hadis tentang Tanggung Jawab A. Pendahuluan B. Hadis tentang Tanggungjawab Pribadi C. Hadis tentang tanggung jawab kolektif D. Penutup 19. Hadis tentang Pemilihan Pemimpin A. Pendahuluan B. Hadis tentang urgensi pemimpin C. Hadis tentang Larangan Meminta jadi pemimpin D. Hadis tentang Tata cara pemilihan pemimpin E. Penutup 20. Hadis tentang peran orang tua dlm Pdd A. Pendahuluan B. Hadis tentang Kewajiban orang tua mendidik anak C. Hadis tentang Objek pendidikan dlm keluarga D. Hadis tentang Balasan bagi org tua yg berhasil mendidik anak dg baik 21. Hadis tentang urgensi ilmu A. Pendahuluan B. Ilmu untuk mrnjaga keimanan C. Warisan yang harus diambil D. Harus dicari E. Ilmu yg bermanfaat aset akhirat F. Harus berada di tangan yang benar 6. Jarh dan Ta’dil , kitab no. 7, 10, 20, 32,38, 46, 48, 50, Mahmud Abu rayyah, Adhwa’ ala al-sunnahhh Muhammadiyah aw dhifa’ al-Hadis, Dar al- Ma’arif Kairo tt Ababs Bayumi ‘Ajlan, Dirasah fi al-Hadis al-Nabawi, Muassasah Syabab al-jami’at, Iskandariyah, 1986 Abu al-‘Ainain Badran, al-Hadis al-Nabawi al-Syarit, Tarikhuhu wa mushthalahuhu, Muassasah Syabab al-jami’at, Iskandariyah, 1983 Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib, Ushul al-Hadis ‘Ulumuhu wa Musthalahuh, Dar al-Fikr, Beirut, 1975 Ibn Abi Hatim al-Razi, kitab al-Jarh wa al-Ta’dil, Darul Ma’arif, Heiderabad, 1952 Mahmud al-Thahhan, Takhrij wa Dirasat al-ASsanid ,Dar al-Qur’an al-Karim , Beirut, 1981 Abu ‘Amr ‘Usman bin ‘Abdullah ibn Shaleh, Ulumul Hadis, madinah, Maktabat al-‘Ilmiyyah, 1972 10. Hadis hadis tentang kewajiban Belajar A. PENDAHULUAN, B. EKSISTENSI BELAJAR DALAM ISLAM, C. KEWAJIBAN BELAJAR, D. MOTIVASI AGAR MUSLIM BELAJAR E. ANCAMAN BAGI YANG TIDAK MAU BELAJAR F. IMPLIKASI DARI TIDAK BELAJAR G. PENUTUP 11. Hadis tentang Pendidikan Jasmani dan keterampilan A. Pendahuluan B. Hadis tentang olah raga Berlari, berenang, C. Hadis tentang keterampilan berkuda, memanah, D. Kontekstualisasi hadis utk masa ini 12. Hadis hadis tentang Niat dan pengaruhnya terhadap motivasi Pembelajaran A. Pendahuluan B. Motivasi Bagi Peserta Didik C. Niat Belajar yang dibenarkan dan implikasinya terhadap motivasi D. Salah niat dan implikasinya terhadap motivasi E. Penutup 13. Hadis tentang Pendidikan sepanjang hayat A. Pendahuluan B. Hadis tentang pendidikan Pranatal C. Hadis tentang pendidikan sepanjang hayat dan kualitasnya D. Penutup 14. Hadis hadis tentang Pendidik kata kunci Mu’allim A. PENDAHULUAN B. TUGAS PENDIDIK C. SYARAT-SYARAT PENDIDIK D. URGENSI PENDIDIK E. KEUTAMAAN PENDIDIK F. MOTIVASI YG DIBERIKAN KPD PDD G. PENUTUP 15. Hadis tentang Fitrah dan implikasinya dalam perkembangan Manusia A. Pendahuluan B. Hadis Fitrah dan kualitasnya C. Fitrah dalam hadis Rasul D. Implikasi Fitrah dalam perkembangan Manusia E. Penutup 16. Hadis-hadis tentang Metode Pembelajaran A. Pendahuluan B. Metode Rasul dalam Pembelajaran C. Beda Peserta didik dgn beda metode D. Variasi Metode untuk materi tertentu E. Penutup 17. Hadis tentang pendidikan akhlak A. Pendahuluan B. Hadis tentang misi Rasul sebagai pendidik Akhlak mulia C. Hadis tentang penddikan Akhlak kepada sesama D. Penutup 18. Hadis tentang Tanggung Jawab A. Pendahuluan B. Hadis tentang Tanggungjawab Pribadi C. Hadis tentang tanggung jawab kolektif D. Penutup 19. Hadis tentang Pemilihan Pemimpin A. Pendahuluan B. Hadis tentang urgensi pemimpin C. Hadis tentang Larangan Meminta jadi pemimpin D. Hadis tentang Tata cara pemilihan pemimpin E. Penutup 20. Hadis tentang peran orang tua dlm Pdd A. Pendahuluan B. Hadis tentang Kewajiban orang tua mendidik anak C. Hadis tentang Objek pendidikan dlm keluarga D. Hadis tentang Balasan bagi org tua yg berhasil mendidik anak dg baik 21. Hadis tentang urgensi ilmu A. Pendahuluan B. Ilmu untuk mrnjaga keimanan C. Warisan yang harus diambil D. Harus dicari E. Ilmu yg bermanfaat aset akhirat F. Harus berada di tangan yang benar Daftar Judul dan Kisi-Kisi Makalah Diskusi dalam mata kuliah Studi al-Hadis 1. KONSEP SUNNAH DAN HADIS 1. Pendahuluan 2. Pengertian Hadis-sunnah 3. Asal usul konsep hadis-sunnah (sebelum seperti yg kita pahami) 4. Evolusi perkembangan konsep sunnah 5. Saling keterkaitan hadis-sunnah 6. Implikasi Konsep Sunnah terhadap Perkembangan Pemikiran Islam 7. Unsur Pendidikan yang dapat diambil 2. TAKHRIJ HADIS 1. Pendahuluan 2. Pengertian Takhrij Hadis 3. Latar Belakang Munculnya Takhrij 4. Tujuan Dan Kegunaan Takhrij 5. Metode Takhrij (Kelebihan Dan Kekurangan Masing-Masing Metode) 6. Kitab Pendukung Takhrij 7. Cara Pelaporan Takhrij (Hadis Yg Dicari, Hadis Yg Ditemukan (Lengkap Dg Sanad), I’tibar Sanad 3. KRITIK EKSTERNAL (SANAD) 1. Pendahuluan 2. Pengertian Kritik Sanad 3. Urgensi Sanad Dan Pentingnya Kritik 4. Peran ‘Ilmu Jarh Wa Ta’dil 5. Kaidah Dalam Kritik Sanad 6. Lafal-Lafal Dalam Jarh Wa Ta’dil 7. Batasan Kritik Sanad- Sahabat Semua Adil 8. Unsur pendidikan yang terdapat di dalamnya 4. Kualitas Hadis Hasil Kritik Sanad 1. Hadis sahih dan Hasan 2. Hadis Da’if karena terputus sanad (mursal, muaddal, munqathi’ dll 3. Hadis Da’if karena Periwayat tidak adil (periwayat pendusta (maudu’), tertuduh berbohong (munkar) 4. Hadis Da’if karena Periwayat tidak dabit (banyak salah, salah letak urutan, salah huruf, mukhtalith (berubah setelah tua atau sakit) 5. Hadis Da’if karena adanya syaz 6. Hadis Da’if karena sanad ber’ilat 5. JARH DAN TA’DIL 1. Pendahuluan 2. Pengertian Jarh Wa Ta’dil 3. Kaidah Dalam Jarh Wa Ta’dil 4. Konsistensi Dlm Penerapan Kaidah 5. Syarat Dalam Melakukan Jarh Dan Ta’dil 6. Kitab Yang Memuat Tentang Jarh Wa Ta’dil 7. Unsur edukasi yang terdapat di dalamnya 6. KRITIK INTERNAL (MATAN) 1. Pendahuluan 2. Pengertian Kritik Matan Kaidah Dalam Kritik Matan 3. Persyaratan Dasar Kritikus 4. Upaya Mengatasi Hadis Yang Kelihatannya Kontradiktif 5. Metodologi Kritik Hadis Di Kalangan Orientalis 6. Kritik Hadis Ilmuan Muslim Kontemporer (Muhammad Al-Ghazali Dan Nashiruddin Al-Bani) 8. Unsur edukasi yang terdapat di dalamnya 7. Kualitas hadis hasil kritik matan 1. Sahih Matan 2. Da’if matan krna perbedaan redaksi 3. Da’if karena terbalik-balik 4. Hadis maudhu’ 5. Semua dengan contoh 8. Metode Pemahaman Hadis A. Pendahuluan B. Metode tahlili, Kitab yang menggunakan metode ini C. Metode ijmali Kitab yang menggunakan metode D. Metode muqarin, Kitab yang menggunakan metode E. Penutup 9. Pendekatan Dalam Pemhaman Hadis A. Pendekatan Bahasa B. Pendekatan tekstual C. Pendekatan kontekstual D. Pendekatan Sosial E. Pendekatan Kultural F. PendekatanSejarah G. Semua dengan contoh Topik . Metode Pemahaman Hadis 71 Syaikh Muhammad Al Ghazali, Studi Kritik Atas Hadits Nabi SAW : Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual, Penj. Muhammad Al Baqir, (Bandung: Mizan, 1993) 72 Yusuf Qardhawi, Kaifa Nata’amul Ma’a as-Sunnah an-Nabawiyah, terj. Muhammad al-Baqir, Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. (Cet.I ; Bandung : Karisma, 1993) 73 Kitab Syarah Hadis spt Fath al-Bari syarah sahih al-Bukhari 74 Al-Nawawi syarah sahih Muslim 75 ‘aunul ma’bud syarah abu Daud 76 Tuhfatul ahwazi syarah al-Turmuzi 77 Nizar Ali, Memahami hadis Nabi metode dan pendekatan 78 Arifuddin Ahmad, Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi : Refleksi Pemikiran Pembaruan Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail (Cet.1 ; Jakarta : Renaisans, 2005) Topik 11. Pendekatan Dalam Pemahaman Hadis Rasul no. 71-72, 77-78 78 Syuhudi Ismail, Hadis Nabi Yang Tekstual dan Kontekstual : Telaah Ma’ani al-Hadis tentang Ajaran Islam Yang Universal, Temporal, dan Lokal (Jakarta : Bulan Bintang, 1994) 79 Agil Husain Al-Munawwar dan Abdul Mustaqim, Asbabul Wurud : Studi Kritis Atas Hadis Nabi, Pendekatan Sosio, Historis, Kontekstual (Cet.1 ; Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2001) 80 Moh. Zuhri. Telaah Matn Hadis; Sebuah Tawaran Metodologis. (Yogjakarta.: LESFI, 2003)

Reaksi: